Cara Melatih Ayam Untuk Sabung Ayam Dari Kecil

0

Ayam aduan dapat bertarung dengan gesit dan tangguh jika kita latih dengan serius. Maka dari itu kerutinan serta perawatan yang bagus akan memberikan hasil yang bagus bagi ayam tersebut untuk sabung ayam. Ayam yang dikhususkan untuk aduan memang berbeda dengan ayam yang lain, yaitu ayam petelur, ayam pedaging yang hanya memperhatikan dari hasil ayam tersebut. Akan tetapi jika ayam aduan kita memanfaatkan dari gerakan yang dihasilkan dari ayam tersebut. Jangan sampai kita salah dalm hal melatih ayam tersebut. Ataupun telat untuk melatih ayam tersebut. Karena dapat hasil buruk yang akan terjadi jika hal tersebut ada pada ayam kita.

Maka dari itu jika kita berniat untuk memelihara untuk ayam aduan, sebaiknya kita merawat dari kecil. Agar ayam tersebut sudah terlatih nantinya saat sudah dewasa. Dengan begitu kita akan gampang untuk melatih ayam saat dewasa. Tinggal melatih gerakan dengan cara abar, atau bisa dikatakan latihan dengan lawan ayam juga. Ayam yang masih kecil yaitu dari awal netas ayam tersebut. Dan hingga berusia 10 bulan ayam tersebut harus dilatih secara rutin untuk menjadi ayam aduan yang tangguh. Jangan harap jika tidak ada latihan yang khusus untuk ayam aduan dapat bertarung dengan bagus. Maka dari itu kita sebagai pemula silahkan belajar dari informasi yang sudah ada ataupun tanya pda pakar yang sudah tahu tentang dunia ayam aduan.

Latihan Awal Ayam Yang Masih Kecil Untuk Sabung Ayam

Ada latihan khusus yang perlu diberikan kepada ayam yang masih kecil yang nantinya. Untuk indukan darinayam sebaiknya kita memilih i dukan yang bagus untuk peranakan yang bagus. Kualitas ayam aduan yang bagus untuk sabung ayam juga harus melihat dari indukan ayam tersebut. Berarti untuk indukan ayam juga sangat berpengaruh akan kualitas ayam saat bertarung. Bukan hanya dari segi pelatihan, akan tetapi juga melihat dari indukan ayam tersebut.  Saat ayam baru menetas sebaiknya sudah dilakukan perawatan dengan meletakkan anak ayam tersebut pada kotak dan diberikan lampu warna kuning untuk mendapatkan kehangatan.

Karena memang merawat ayam yang masih kecil sangat susah dibandingkan untuk ayam yang sudah dewasa. Katena untuk ayam yang masih kecil rawan untuk terkena serangan penyakit dan mati. Berbeda jika ayam yang sudah besar untuk tingkat kekebalan ayam tersebut sudah meningkat. Dengan begitu berhati-hati dalam merawat ayam yang masih kecil. Saat usia sudah beranjak 3 bulan kuta pindahkan ayam tersebut kekandang yang lebih besar lagi, agar ayam tersebut mampu untuk berasaptasi dengan lingkungan yang ada. Pada usia 3 bulan ini kita perlu vaksin pada ayam tersebut untuk membantu memberikan perlindungan pada tubuh ayam tersebut dari serangan dari penyakit yang akan menghampiri ayam tersebut. Bisa juga menggunakan vaksin suntik ataupun dengan menggunakan vaksin tetes yang dapat diteteskan ke mata ayam tersebut. Dengan begitu ayam Anda akan aman terhadap penyakit yang akan menimpanya.

Berikut tadi sedikit penjelasan mengenai perawatan untuk ayam yang akan dijadikan sabung ayam nantinya jika sudah besar. Harus rutin dalam melakukan perawatan. Saat nanti sudah dewasa kita tinggal melatih pertarungan ayam tersebut dengan kondisi yang fit karena telah melakukan perawatan kesehatan sejak kecil. Itu yang dimaksudkan dari perawatan ayam sejak kecil.

Share.

About Author

Leave A Reply