Cara Melatih Mental Ayam Efektif Untuk Sabung Ayam

0

Ayam petarung untuk menjadi ayam yang tangguh memang harus melalui proses yang lumayan panjang. Bukan hanya cuma memelihara, tetapi harus diperhatikan juga kriteria dari ayam yang menjadi jago pemilik untuk di gunakan dalam pertandingan sabung ayam. Mental dalam hal ini sangat berpengaruh besar dalam permainan seekor ayam petarung sendiri. Karena jika dilihat dari fisik ayam yang besar belum cukup untuk menjadi ayam yang masuk dalam klasifikasi ayam petarung.

Maka dari itu, mental dalam hal ini harus dikuatkan karena tidak menutup kemungkinan ayam yang besar kabur saat melihat lawan yang bermental lebih besar walaupun fisik dari ayam lawan tersebut lebih kecil. Jadi kalian yang ingin menekuni hoby ini maka persiapkan diri anda untuk dapat melatih dan menemukan hasil yang maksimal dalam pelatihan mental ayam jago. Dengan usaha yang serius maka akan mendapatkan hasil yang maksimal juga saat pertandingan berlangsung.

Tips Melatih Mental Ayam Khusus Petarung Atau Sabung Ayam

Bagi anda semua yang berminat menekuni hoby pelihara dan merawat ayam petarung untuk aduan maka yang perlu di perhatikan setelah fisik yaitu membangun mental dari ayam tersebut. Kita sering melihat penggemar ayam petarung yang mencoba mengadukan dulu ayamnya sebelum bertanding.

Latihan itu dilakukan secara berulang-ulang. Hal tersebut dilakukan untuk membangun mental dari ayam tersebut agar nantinya jika bertemu lawan tidak mundur sebelum fisiknya sudah tidak kuat. Banyak ditemui ayam saat bertanding di ring arena mundur duluan saat melihat lawannya. Kejadian tersebut terjadi karena mental dari ayam yang belum siapuntuk bertanding dengan lawan walaupun fisik keduanya sama atau seimbang, bayangkan jika hal tersebut menimpa ayam yang anda miliki.

Untuk membentuk mental dari ayam petarung yaitu dengan pemilihan ayam dari keturunan yang bagus dan indukan yang sudah memiliki mental yang kuat untuk sabung ayam. Maka kemungkinan besar anakan dari ayam tersebut akan cenderung memiliki sifat yang sama dengan indukan yang memiliki mental yang kuat. Hal ini sangat efektif dilakukan karena tinggal melatih sedikit mental dari ayam tersebut. Selanjutnya yaitu dengan tertib melakukan latihan fisik terhadap ayam tersebut dengan durasi yang tidak lama yaitu sekitar 5 menit tiap kali latihan agar ayam dapat menyesuaikan diri dan tidak trauma saat latihan berikutnya.

Latihan fisik ini bisa di lakukan dengan mencoba adu dengan lawan yang kelasnya di bawah ayam yang mau dilatih dengan didampingi pemilik saat ada penyerangan secara brutal maka ayam harus segera dipisah, dan bisa juga dengan mencoba lawan di atasnya. Tetapi yang harus di perhatikan secara jeli karena jika tidak dipantau maka akan berakibat fatal, karena lawan yang diatasnya mungkin dapat melukai dari kepala dan itu bisa saja membuta cidera permanen pada ayam tersebut.

Selain latihan fisik juga ada perawatan rutin dari ayam tersebut tiap pagi hari harus dimandikan dengan cara membasuhkan air bersih ke seluruh badan ayam tersebut. Setelah air rata di seluruh tubuh ayam langsung dipanaskan di bawah terik matahari pagi. Karena hal tersebut dapat membuat tubuh ayam menjadi fresh dan agresif saat bertarung. Banyak juga teknik yang digunakan oleh pecinta ayam petarungdi setiap daerah, akan tetapi yang pokok di terapkan oleh banyak orang yaitu dasarnya merawat ayam lebih dulu.

Demikianlah penjelasan mengenai cara melatih mental dari ayam petarung dengan cara efektif untuk sabung ayam. Lakukan dengan cara yang serutin dan perlakukan ayam anda dengan sebaik mungkin untuk memperoleh hasil yang bagus juga.

Share.

About Author

Leave A Reply