Jenis Ayam Aduan Jawara Lokal Asli Indonesia

0

Ayam aduan bukan hanya berasal dari luar negeri saja. Perlu diketahui bahwa sebenarnya ayam dari luar itu beberapa tahun belakangan ini saja menjadi viral dengan kesuksesan menang luar biasa. Namun, sebelum ayam impor itu masuk ke Indonesia, ada 4 daerah yang berhasil menjadi rajanya pasaran ayam pertarung di Indonesia. Dan ayam-ayam ini asli 100% Indonesia, trah darah murni dari Indonesia. Bila Anda masih belum tahu kehebatannya dulu, maka dalam artikel ini silahkan perluas pengetahuan dan data Anda.

Ayam-ayam asli Indonesia ini dulunya berhasil menjadi 4 raja nusantara, meskipun tidak ada atau belum ditemukan bukti bahwa peradaban Indonesia dulunya juga mengadu ayam. Namun, secara budaya kita sudah lama mengenal yang namanya sabung ayam sejak jaman majapahit atau sebelumnya dulu. Dan dari situlah ada 4 jenis ayam yang sampai sekarang cukup banyak penggemarnya. Berikut ini 4 ayam tersebut yang dulu sempat Berjaya di era-nya.

4 Jenis Ayam Aduan Asli Indonesia 100%

Dari melihat bagaimana dulu begitu Berjaya, sebelum era ayam Bangkok dkk masuk ke Indonesia seperti sekarang ini. Maka sangat wajar bila dulu ada jenis ayam yang benar-benar tangguh seperti kebanyakan orang bilang. Dan jenis-jenis ayam tersebut nyatanya ada 4 yang benar-benar bisa mengendalikan pasar menjadi ayam termahal di eranya. Berikut ini adalah jenisnya!

  • Ayam Ciparage

Ayam petarung ini memang asli sesuai namanya, asalnya dari perkampungan Ciparage, Cilamaya, Kab. Karawang, Jabar. Ayam terbaik ini dulunya merupakan asli ayam Indonesia dengan ciri khas petarung luar biasa. Bentuk tubuh yang kokoh mirip dengan ayam Bangkok, namun sedikit lebih kecil. Dan postur tubuh lebih ramping dengan kelincahan layaknya ayam birma. Kepala memiliki ukuran sedang, sayap rapat dan besar.

Bulu lebat pada bagian ekor. Ada dua jenis warna, yakni jalak dan emas. Dengan indicator ini, jenis jalak lebih banyak didominasi warna hitam yang mengkilat, terkecuali pada bagian leher yang lebih mendominasi warna emas. Sedang jenis jail emas lebih didominasi warna coklat keemasan.Gaya bertarung seperti birma yang cerdik, cepat dan selalu menggunakan strategi kuda lari. Pukulan akurat pada kepala dan nafas panjang.

  • Ayam Bali

Ayam aduan yang satu ini sesuai dengan namanya, berasal dari bali. Untuk hal performa, ayam bali sama tangguhnya dengan ayam Saigon. Memiliki ciri khas yang mirip juga, khasnya adalah trondol pada bagian leher. Badan besar, tegap, dan mata menjurug keĀ  dalam. Serta yang unik, posturnya tinggi dan padat. Sekarang, ayam bali dicoba terus untuk dikawinsilangkan dengan ayam Bangkok dan lain sebagainya untuk mendapatkan keturunan dengan gaya bertarung yang berpaduan secara alami.

  • Ayam Banten

Ayam kelas petarung satu ini memiliki postur tubuh yang tegap, tersebar meluar dan banyak dijumpai di daerah banten. Seperti namanya, memang kebanyakan ayam untuk mempermudah pemasaran, pengambilan nama berdasarkan daerah asalnya masing-masing. Ayam banten hamper mirip dengan ayam Bangkok, hanya lebih pendek sedikit pada bagian leher ekor berukuran sedang, kaki juga panjang dengan tulang yang lebih kuat dibanding tulang ayam pada umumnya.

  • Ayam Tolaki

Ayam satu ini merupakan asli 100% Indonesia juga. Berasal dari luar jawa, tepatnya dari daerah Sulawesi Tenggara. Memiliki postur kecil, berotot, kaki kekar dan badan sedikit lebih panjang kedepan. Sayap lebih tebal, rapat dengan badang. Dan juga uniknya memiliki bentuk kepala bulat. Ayam laga Tolaki diberkati denga paruh kuat pendek dan ujung melengkung tajam. Gaya bertarung menyerang dengan membabi buta dan selalu mengandalkan teknik ngalung +nyayap. Pukulan akurat dan tepat sasaran dengan lompatan jauh lebih tingg.

Dan itulah 4 jenis ayam aduan yang hingga sekarang terus dikembangbiakan untuk pemenuhan pasar tanah air. Sebagaimana kelas laga ayam nasional selalu menjadi tontonan yang menarik bagi pencinta tarung ayam ini.

Share.

About Author

Leave A Reply