Merawat Bakal Calon Ayam Aduan Untuk Laga Sabung Ayam

0

Ada terdapat banyak jenis budidaya ayam yang ada di Indonesia.Mulai dari ayam jenis petelur,ayam daging,ayam hias,bahkan ayam petarung atau ayam aduan.Perawatan dari tiap budidaya ayam tersebut berbeda-beda.Hal tersebut tergantung pokok yang mereka kejar yakni apabila ayam petelur mereka bagaimana agar supaya ayam mereka banyak bertelur,untuk budidaya ayam daging bagaimana ayam mereka dapat menjadi gemuk sehingga banyak daging yang dihasilkan,untuk ayam hias bagaimana ayamnya memiliki warna dan bentuk tubuh yang cantik.Akan berbeda dengan ayam yang disiapkan untuk sabung ayam.

Budidaya ayam petarung yang dipersiapkan dalam tanding sabung ayam juga memiliki kekususan sendiri,yakni untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal,tenaga yang prima,sifat pantang menyerah,keberanian,hingga keahliannya dalam bertarung.Lalu bagaimana agar hal tersebut bisa terlaksana.Tentunya banyak proses yang harus dilewati untuk mendapatkan hasil tersebut,selain pengetahuan yang dimiliki oleh pembudidaya,hal tersebut juga sangat dipengaruhi dengan cuaca dimana tepat ayam bakal aduan tersebut dibesarkan.

Jenis ayam aduan sendiri dibesarkan memang khusus untuk jenis petarung,mereka dirawat dan dilatih setiap hari.Ayam bakal aduan adalah ayam yang baru menetas hingga mereka berumur 10 bulan.Untuk membesarkan sampai umur 10 bulan tentunya tidak mudah,karena biasanya tidak jarang pembudidaya melakukan kesalahan dalam perawatan saat mereka umur sekitaran dibawah 10 bulan tersebut.Kealahan dalam perawatan ketika ayam masih berumur sekitaran itu yang dapat menyebabkan ayam tersebut sakit,tidak bisa diadu,serta bentuk tubuh tidak optimal.Hal itu yang menyebabkan ayam sedikit kemungkinan akan besar menjadi ayam aduan yang siap turun arena sabung ayam.Meskipun dipaksa turun arena pun bila telah salah perawatan diawal kecil kemungkinan untuk menjadi ayam adauan juara.

Langkah Perawatan Bakal Ayam Aduan Sabung Ayam

Untuk menhindari hal tersebut terjadi serta agar mendapatkan kualitas bakal calon ayam aduan terbaik berikut adalah langkah-langkah dalam merawat ayam muda calon ayam aduan.

  1. Perawatan awal

Induk ayam petarung umumnya membutuhkan waktu 21 haru untuk mengerami telur-telurnya,setelah telur-telur tersebut menetas maka letakkan ayam yang baru menetas tersebut kedalam kotak yang sudah dilengkapi dengan penghangat ruangan ayam.Biasanya pembudidaya menggunakan lampu ber watt sedang sebagai penghangat suhu kotak tempat meletakkan anakan tersebut.

  1. Perawatan setelah 3 bulan

Ketika ayan sudah berkembang memasuki umur bulan ke-3,kotak tempat meletakkan anakan tersebut tentunya akan semakin sempit sehingga anda wajib memindahkannya kedalam wadah yang lebih besar tentunya.Untuk pakan anakan sendiri pakailah konsentrat ataupun poor yang berukuran kecil dan jangan lupa untuk melihat kebersihan kandang.

  1. Perawatan setelah 6 bulan

Pindahkan tempat anakan tersebut kedalam kandang pribadi,karena apabila sudah menginjak umur sekitar ini mereka sudah mencoba untuk bertarung maka sangat berbahaya jika bertarung dengan ayam yang lainnya.

  1. Perawatan hingga 10 Bulan

Masa-masa ini menjadi masa penting karena dari umur ini masa pembentukan bentuk ideal serta kekuatan otot dimulai.Perhatikan asupan nutrisi serta kesehatan ayam aduan tersebut.

  1. Latihan Fisik

Lakukan latihan fisik dan latiha otot pada bakal ayam aduan dengan cara latihan kliter,renang,dan lompatan.Hal tersebut lakukan secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

  1. Sparing atau uji coba

Untuk membentuk mental pantang mundur serta keberanian sang bakal ayam petarung yakni lakukan uji coba dengan melawan ayam jenis lain sekitar 5-10 menit.hal tersebut dapat melatih serta melihat mental dari ayam itu sendiri.

Demikian sedikit tips merawat bak ayam aduan untuk siap turun gelanggang tarung ayam,masih banyak cara lainnya yang meliputi pemberian jamu dan lain-lainnya.Semoga dapat memberikan informasi bagi anda.

Share.

About Author

Leave A Reply